RANGKUMAN MATERI SEMINAR (GAME DEVELOPER)



RANGKUMAN MATERI SEMINAR
How To Become Game Developer

Game merupakan suatu aktivitas yang ada point awal untuk menyelesaikan suatu tujuan dengan adanya suatu aturan yang dibuat oleh pembuat game. Game bertujuan untuk bersenang – senang dan juga dapat mengisi waktu luang .


PELAKU DALAM INDUSTRI GAME

1.      Game Developer
Game developer merupakan seorang atau sekelompok orang yang membuat game tersebut. Salah satu contohnya, yaitu altermyth.

2.      Publisher
Publisher merupakan suatu perusahaan yang memasarkan game yang dibuat oleh game developer. Contoh dari publisher ini, yaitu Konami, Gemscool, da lyto.

3.      Market Place
Market place merupakan suatu perusahaan yang menyediakan tempat untuk menjual game – game yang sudah dibuat dan dipasarkan. Contoh dari market place ini, yaitu steam, playstore, dan appstore.

4.      Media
Media merupakan suatu perusahaan yang mempublikasikan game tersebut, contohnya siliconera, gamenesia, dan IGN.

5.      Ads
Ads adalah perusahaan yang biasanya menaruh atau meletakan iklan di dalam game tersebut, cotohnya admob, AD colony, dan youAPPI.

6.      Payment Gateway
Payment gateway adalah perushaan yang menyediakan kebutuhan atau uang di dalam game, contohnya gudang voucher, unipin, dan mogpay

7.      Venture Capital
Venture capital merupakan perusahan yang menginvestasikan sahamnya kedalam game tersebut, contohnya Skystar Ventures, Cyber Agent Ventures, dan Fast Ventures


8.      Gamer
Gamer merupakan orang yang terpenting dalam kesuksesan suatu game karena apabila game tersebut banyak yang memainka itu tanda kalua game yang dibuat sudah berhasil.


TAHAP UNTUK MEMBUAT SUATU GAME

1.      Planning dan Designing
Planning dan designing ini sangat penting dalam membuat game agar game yang dibuat tidak melenceng dari yang diinginkan maka harus dibuat suatu perencanaannya. Planning dan designing ini harus didokumentasikan. Ada juga Kendala dalam tahap ini, yaitu planning yang tidak sempurna, perlu risk manajemen, dan deskripsi yang kurang lengkap.

2.      Programming
Dalam programming ini biasanya dilakukan dengan bekerja bersama – sama, terus biasanya para pembuat game menggunakan Bahasa C#, dan juga biasanya menggunakan source tree untuk menghubungkan 2 proyek pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang berbeda untuk menyatukan pekerjaan mereka dalam membuat game.

3.      Music & Audio
Dalam membuat game sangat dibutuhkan orang yang handal dalam membuat music dan audio karena dalam game apabila tidak ada suaranya maka akan sangat membosankan.

4.      Polishing dan Balancing
Tahap ini biasanya dilakukan jika game sudah sukses berjalan. Ada juga kendala dalam tahap ini, yaitu adanya kemunculan bug atau error dalam game, butuh di cpba berulang – ulang, dan juga butuh tester ahli yang tidak mementingkan kesenangan dalam mencoba game.

5.      Release
Apabila game yang dibuat sudah tidak ada error dan juga sudah di coba berulang – ulang maka game yang dibuat harus diluncurkan ke public.

6.      Promosi
Game yang sudah diluncurkan atau diterbitkan sebaiknya dipromosikan agar yang
men–download game banyak dan juga laku dipasar game atau di market place.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELOMPOK 5 ( PARTICIPATORY CULTURE )