RANGKUMAN MATERI SEMINAR (GAME DEVELOPER)
RANGKUMAN MATERI SEMINAR
How To Become Game Developer
Game merupakan suatu aktivitas yang ada point awal
untuk menyelesaikan suatu tujuan dengan adanya suatu aturan yang dibuat oleh
pembuat game. Game bertujuan untuk bersenang – senang dan juga dapat mengisi
waktu luang .
PELAKU
DALAM INDUSTRI GAME
1. Game
Developer
Game developer merupakan seorang atau
sekelompok orang yang membuat game tersebut. Salah satu contohnya, yaitu
altermyth.
2. Publisher
Publisher merupakan suatu perusahaan
yang memasarkan game yang dibuat oleh game developer. Contoh dari publisher
ini, yaitu Konami, Gemscool, da lyto.
3. Market
Place
Market place merupakan suatu
perusahaan yang menyediakan tempat untuk menjual game – game yang sudah dibuat
dan dipasarkan. Contoh dari market place ini, yaitu steam, playstore, dan
appstore.
4. Media
Media merupakan suatu perusahaan yang
mempublikasikan game tersebut, contohnya siliconera, gamenesia, dan IGN.
5. Ads
Ads adalah perusahaan yang biasanya
menaruh atau meletakan iklan di dalam game tersebut, cotohnya admob, AD colony,
dan youAPPI.
6. Payment
Gateway
Payment gateway adalah perushaan yang
menyediakan kebutuhan atau uang di dalam game, contohnya gudang voucher,
unipin, dan mogpay
7. Venture
Capital
Venture capital merupakan perusahan
yang menginvestasikan sahamnya kedalam game tersebut, contohnya Skystar
Ventures, Cyber Agent Ventures, dan Fast Ventures
8. Gamer
Gamer merupakan orang yang terpenting
dalam kesuksesan suatu game karena apabila game tersebut banyak yang memainka
itu tanda kalua game yang dibuat sudah berhasil.
TAHAP
UNTUK MEMBUAT SUATU GAME
1. Planning
dan Designing
Planning dan designing ini sangat
penting dalam membuat game agar game yang dibuat tidak melenceng dari yang
diinginkan maka harus dibuat suatu perencanaannya. Planning dan designing ini
harus didokumentasikan. Ada juga Kendala dalam tahap ini, yaitu planning yang
tidak sempurna, perlu risk manajemen, dan deskripsi yang kurang lengkap.
2. Programming
Dalam programming ini biasanya
dilakukan dengan bekerja bersama – sama, terus biasanya para pembuat game
menggunakan Bahasa C#, dan juga biasanya menggunakan source tree untuk
menghubungkan 2 proyek pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang berbeda untuk
menyatukan pekerjaan mereka dalam membuat game.
3. Music
& Audio
Dalam membuat game sangat dibutuhkan
orang yang handal dalam membuat music dan audio karena dalam game apabila tidak
ada suaranya maka akan sangat membosankan.
4. Polishing
dan Balancing
Tahap ini biasanya dilakukan jika
game sudah sukses berjalan. Ada juga kendala dalam tahap ini, yaitu adanya
kemunculan bug atau error dalam game, butuh di cpba berulang – ulang, dan juga
butuh tester ahli yang tidak mementingkan kesenangan dalam mencoba game.
5. Release
Apabila game yang dibuat sudah tidak
ada error dan juga sudah di coba berulang – ulang maka game yang dibuat harus
diluncurkan ke public.
6. Promosi
Game yang sudah diluncurkan atau
diterbitkan sebaiknya dipromosikan agar yang
men–download game banyak dan juga laku dipasar game atau di market
place.
Komentar
Posting Komentar